Sunday, September 20, 2015

TEMPAT HIDUP TUMBUHAN DAN HEWAN





TEMPAT HIDUP TUMBUHAN DAN HEWAN

Oleh : Muhammad Mabrur

Tempat Hidup Tumbuhan Dan Hewan
Setiap makhluk hidup mempunyai tempat hidup yang berbeda-beda, dapatkah kamu menyebutkannya ??? Yuuup……. Ada yang hewan hidup didarat, ada yang hidup di air dan ada yang hidup didarat dan diair…..untuk lebih jelasnya yuuukk kita bahas satu persatu…..agar pengetahuan kita bertambah banyak……….dan kita jadi tambah pandai…………

A.    Tempat hidup hewan
Tempat Hidup Tumbuhan Dan Hewan
Hewan ada yang hidup didarat, di air dan dapat hidup dikedua tempat itu didarat dan di air, tapi ada pula loh yang hidup diatas pohon dan didalam tanah………
Hewan yang hidup didarat adalah hewan tempat hidupnya diatas tanah atau di darat kalau hewan itu ada di dalam air, ia akan mati contohnya adalah kucing, kerbau, sapi kudan dan masih banyak lainya.
Hewan yang hidup diair adalah hewan yang tempat hidupnya di air kalu ia ada didarat ia akan mati contohnya berbagai macam ikan dn udang.
ada juga hewan yang dapat hidup di air dan di darat contohnya buaya, katak, kura-kura dan buaya.
hewan juga ada yang hidup di atas pohon contohnya burung dan lebah.
ada juga hewan yang hidup di dalam tanah contohnya cacing dan rayap.

B.     Tempat hidup tumbuhan
Dimanakah tumbuhan hidup? Umumnya tumbuhan hidup didarat. Tumbuhan apakah yang hidup didarat? Ada juga tumbuhan yang hidup di air, dapatkah kamu menyebutkannya?
Banyak tumbuhan yang hidup didarat,
Pohon jati hidup di darat, begitu juga pohoon jeruk dan pohon kelapa, ketiganya tidak dapat hidup di air. Pohon jati harus hidup di darat. Mengapa harus demikian? Di dart ada banyak tanah. Tanah mempunyai unsur hara yang sangat berguna untuk tumbuhan, sebagai tempat melekatnya akar tumbuhan. Pohon jati, phon jeruk, dan pohon kelapa berukuran besar. Adakah tumbuhan yang berukuran kecil? Tanaman padi berukuran kecil, pernahkah kamu melihat tanaman padi? Dimanakah tanaman padi hidup? Padi biasa hidup di sawah. Padi di sawah ditanam oleh petani.
Ada juga tumbuhan yang hidup di air, tumbuhan apakah yang hidup di air? pernahkan kamu melihat bunga teratai dan eceng gondok? Dimanakah kamu dapat menemukanya? Kamu dapat menemukanya di kolam, keduanya hidup di air, daun bunga teratai ada di permukaan air, daun itu tipis dan lebar. Begitu pula tumbuhan eceng gondok yang hidup di air.
Ada tumbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan lain. Tumbuhan apa itu? Nama tumbuhan itu adalah benalu, benalu merugikan tumbuhan yang ditempelinya, ia mengambil makanan dari tumbuhan yang ditempelinya. Tumbuhan yang di tempeli akan mati. Bagaimana agartidak mati? Bagian yang di tempeli benalu harus di potong. Selain benalu ada juga tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain ia adalah bunga anggrek dan tumbuhan tali putrid, keduanya merugikan tumbuhan yang ditempelinya.



No comments:

Post a Comment