Tuesday, September 22, 2015

MATAHARI SAHABAT KITA SEMUA


MATAHARI SAHABAT KITA SEMUA

Oleh : Muhammad Mabrur
matahari sahabat kita semua
Kata ibu kita harus bersyukur Tuhan telah menciptakan matahari, panas matahari banyak manfaatnya, tanpa matahari tidak ada kehidupan di bumi, matahari adalah gumpalan gas raksasa yang sangat panas, sinar matahari terpancar ke alam semesta sampai ke bumi. Matahari adalah sumber energi terbesar di dunia, matahari adalah sahabat kita semua. Setiap hari matahari menyinari bumi, matahari bersinar pagi sampai sore hari. Pernahkah kamu mengamati matahari? Kapan matahari terbit dan tenggelam?
matahari sahabat kita semua
Matahari bergerak dari timur ke barat akibatnya posisi matahari berubah, itu yang mengakibatkan adanya siang dan malam di bumi. Kalau kita bangun pagi ayam jantan berkokok menyambut pagi di timur langit tampak terang pertanda matahari terbit. Matahari terbit disebelah timur kira-kira pukul setengah enam pagi, mula-mula matahari tampak sebagian semakin lama semakin bulat, setiap hari matahari terbit secara teratur sinar matahari terasa hangat kira-kira sampai pukul Sembilan kita dapat merasakan hangat sinar matahari. Semakin siang posisi matahari semakin tinggi dan semakin terang cahayanya, panas matahari semakin menyengat. Pukul dua belas siang matahari berada di tempat tertinggi posisi matahari tepat di ataskepala kita saat itu di sebut tengah hari. Saat tengah hari matahari bersinar sangat erik kita bisa kepanasan dan bisa berkeringat. Setelah tengah hari matahari bergerak semakin ke barat semakin sore cahayanya semakin redup, panasnya juga berkurang. Matahari akan terbenam di sebelah barat kira-kira pukul enam sore. Matahari terbenam tanda malam mulai tiba, bulan muncul menggantikan matahari cahaya bulan redup dan tidak panas
Cahaya matahari dapat membentuk bayangan . bayangan tampak gelap, bayangan dapat dilihat di tanah sepanjang hari bayangan selalu berubah letak dan ukuran bayangan selalu berbeda. Bayangan pada pagi hari saat baru pukul setengan tujuh matahari belum lama terbit matahari berada di sebelah timur saat kita berjalan ke barat matahari ada di belakang kita, di mana bayangan kita? Lihatlah bayangan kita ada di sebelah barat, bayangan kita terlihat panjang.
Bayangan pada saat siang hari, matahari sudah tinggi bayangan kita terlihat pendek. Pukul dua belas siang matahari tepat di atas kepala, dimana bayangan kita? Ternyata bayangan kita tepat berada di bawah kita. Bayangan di sore hari cahaya matahari sudah mulai redup matahari ada di sebelah barat, saat kita menghadap ke arah matahari sore, dimana bayangan kita? Oooo….ternyata bayangn kita ada di sebelah timur. Sekarang kita tau letak bayangan selalu berlawanan arah dengan arah datangnya sinar matahari.
Matahari juga memiliki banyak kegunaan, misalnya matahari menerangi bumi, matahari memanaskan bumi dan masih banyak lainya. Udara di bumi terasa hangat tanpa sinar matahari bumi akan dingin. Manusia sangat membutuhkan matahari. Matahari pagi sangat baik bagi kesehatan karena mengandung sumber vitamin D. Olah raga  pada pagi hari sangat baik dan menyehatkan.
Panas matahari membantu manusia dalam banyak kegiatan, panas matahari dapat mengeringkan benda, banyak benda di jemur di bawah sinar matahari contoh nya pakaian basah dan hasil panen. Hewan juga memerlukan panas matahari untuk berjemur dan menghangatkan tubuh. Selain itu matahari juga membantu tumbuhan memasak makanan. Tumbuhan memasak makanan di bantu oleh sinar matahri yang di sebut denangan fotosintesis. Tumbuhan akan tumbuh subur dan kuat.
Selain matahari memiliki banyak kegunaan matahari juga memiliki pengaruh buruk bagi kita. Panas matahari yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, panas matahari siang sangat berbahaya. Panas matahari yang menyengat membuat tubuh tidak nyaman, tubuh kepanasan dan kehausan, juga tidak baik bagi kulit dapat menyebabkan penyakit kulit yaitu kanker kulit.sinar matahari yang terik membuat silau dapat merusak mata. Untuk mengatasi sinar matahari yang terik kita dapat memakai payung, topi dan caping. Untuk mengatasi silau kita dapat memakai kacamata hitam. Agar tidak kepanasan kita dapat memakai baju tipis atau memasang kipas angin.


No comments:

Post a Comment